13 Mar

10 Tips Merawat Timbangan Elektronik Supaya Awet

10-tips-merawat-timbangan-elektronik-supaya-awet

primaskala.comTimbangan elektronik atau biasa disebut juga dengan timbangan digital merupakan alat ukur yang membutuhkan hasil pengukuran yang akurat dan presisi. Karena itu kami memberikan tips merawat timbangan digital supaya awet dan dapat berfungsi dengan baik.

1. Tempat Meletakkan Timbangan

Permukaan tempat di mana timbangan diletakkan harus rata dan kuat untuk menahan beban berat timbangan.

2. Cara Meletakkan Timbangan

Pastikan timbangan digital dalam keadaan stabil secara horizontal dan terbebas dari getaran. Jika pada display timbangan digital menunjukkan tulisan “UnSt“, berarti Anda belum tepat meletakkannya.

3. Timbangan Digital tidak Anti Air

Hindari pemakaian timbangan digital pada area kerja yang berisiko terkena cairan baik itu berupa air ataupun cairan lain seperti minyak dan bahan kimia lainnya. Untuk membersihkan timbangan digital, gunakan kain lap bersih dan kering.

Sekali waktu Anda bisa mencuci dek atau platform timbangan digital tersebut agar tetap bersih dan awet. Caranya dengan melepaskan terlebih dulu dek tersebut dari badan timbangan.

Timbangan digital yang anti air ada tipe tersendiri yang khusus dirancang untuk tahan terhadap cairan atau fluida.

4. Perlakukan Timbangan dengan Baik

Hindari pemakaian dengan cara yang kasar. Sering terjadi meletakkan barang ke atas platform timbangan digital dengan cara menjatuhkannya. Terdengarlah suara “Mak Brokk!!”

Yang demikian akan membuat timbangan digital cepat rusak karena di dalamnya terdapat komponen elektronik dan load cell yang sensitif terhadap kejutan seperti itu.

5. Cara Menekan Tombol

Sering terjadi pula cara menekan tombol fungsi pada indikator timbangan digital yang kurang baik. Tekan dengan santai saja, tak perlu menekan dengan sangat sehingga membuat timbangan digital menjadi tertekan dan stres. Hehehe.

6. Suhu Ruangan

Timbangan digital dirancang untuk beroperasi pada suhu ruang. Jika digunakan pada suhu dingin dapat menyebabkan hasil pengukuran menjadi tidak akurat.

Gunakan jenis timbangan digital yang dirancang khusus dapat digunakan pada ruangan bertemperatur rendah.

7. Elektromagnetik

Hindari pula pemakaian timbangan digital berada dekat dengan gangguan elektromagnetik dari alat elektronik lain seperti radio atau microwave. Biasanya akan tampak saat display angka timbangan digital “lari-lari”.

Jauhkan alat elektronik yang mengganggu tersebut, baru kemudian Anda bisa menggunakan kembali dengan baik timbangan digital tersebut.

8. Baterai Timbangan

Perhatikan usia pakai baterai timbangan. Pada umumnya aki kering timbangan digital dapat digunakan dua hingga tiga tahun, tergantung frekuensi pemakaian timbangan digitalnya.

Jika baterai timbangan sudah soak, segera ganti dengan yang baru agar timbangan digital dapat berfungsi dengan baik.

9. Beban Overload

Hindari pemakaian timbangan yang sering meletakkan barang melebihi kapasitasnya. Jika timbangan digital tersebut memiliki kapasitas hingga 150 kg, jangan untuk menimbang barang melebihi 150 kg.

Selain tidak akan menunjukkan hasil timbangan karena melebihi kapasitas, tetapi juga dapat mengakibatkan load cell menjadi cepat rusak.

10. Utak-atik Timbangan

Sebaiknya Anda pun tak perlu mengutak-atik timbangan saat mengalami gangguan atau kerusakan. Anda dapat menghubungi teknisi timbangan digital terdekat agar dapat segera ditangani.

Merawat timbangan elektronik memang perlu meluangkan waktu agar timbangan elektronik tetap awet.

Semoga tulisan tips merawat timbangan elektronik supaya tetap awet menjadi manfaat bagi Anda.

X
0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap