03 May

Perhatikan Jenis Garansi Timbangan Digital Agar Anda Tidak Menyesal

timbangan digital bergaransi

Anda pernah membeli televisi atau barang elektronik lainnya seperti kulkas dan komputer? Pernahkah Anda memperhatikan apa makna kata “garansi 1 tahun” yang disampaikan oleh toko penjual barang tersebut? Pun demikian dengan timbangan digital yang merupakan barang elektronik. Sebaiknya Anda memperhatikan jenis garansi timbangan digital yang disediakan oleh toko penjualnya.

Masa Garansi

Hal pertama yang perlu Anda tanyakan kepada penjual timbangan adalah berapa lama masa garansi yang berlaku. Biasanya setiap produk timbangan digital terdapat keterangan garansi 1 tahun (12 bulan).

Kalau perlu tanyakan juga jika mengalami kerusakan H+1 sesudah masa garansi usai apakah masih ada toleransi diterima sebagai klaim garansi. Anda berhak kok menanyakan hal-hal demikian kepada yang jual timbangan.

Apa Saja yang Digaransi

Pertanyaan selanjutnya yang harus dijawab oleh toko timbangan adalah, “Apa saja yang digaransikan, Mas?”

Jika Anda bertanya kepada saya sebagai penjual timbangan, saya akan menjawab:

  1. garansi load cell
  2. garansi display indikator
  3. garansi sistem rangkaian elektronik termasuk IC System

1. Garansi Load Cell

Primaskala sebagai toko timbangan digital memberikan garansi load cell. Kerusakan yang terdapat pada load cell selama masa garansi akan diganti secara penuh.

2. Garansi Display Indikator

Kerusakan yang bisa terjadi pada display indikator adalah tidak lampu LED atau LCD yang tidak menyala. Jika menggunakan sistem seven segment dapat terjadi kerusakan sebagian sehingga informasi angka hasil timbangan tidak dapat tampil sempurna.

3. Garansi Sistem Elektronik

Di dalam timbangan digital terdapat rangkaian elektronik mengatur sistem antara sensor berat (load cell) kemudian diubah menjadi sebuah informasi berupa display angka pada indikator.

Kerusakan yang dapat terjadi misal karena terdapat satu atau beberapa komponen elektronik (kapasitor, resistor, IC, dll) yang tidak berfungsi dengan baik.

Garansi Ditolak

Anda sebagai pemilik timbangan digital yang masih dalam masa garansi juga perlu mengetahui ada beberapa situasi klaim garansi Anda ditolak.

  1. timbangan telah mengalami jatuh (pecah atau retak)
  2. segel label garansi telah dibuka
  3. kerusakan akibat lonjakan tegangan dari PLN
  4. kerusakan akibat cairan kimia (termasuk cairan kotoran serangga)

1. Timbangan Jatuh

Timbangan dapat mengalami jatuh, baik saat masih dioperasikan maupun saat dibawa pindah ke tempat lain. Merawat timbangan jangan sampai mengalami jatuh sehingga berakibat pecah pada badan timbangan bahkan dapat pecah pada bagian dalamnya.

2. Label Garansi Terbuka

Setiap produk baru selalu diberi segel pada bagian lubang sekrup casing timbangan. Jika segel tersebut telah terbuka (rusak) menandakan timbangan tersebut pernah dibuka.

Jika itu terjadi maka klaim garansi Anda pasti ditolak.

3. Lonjakan Tegangan PLN

Kerusakan barang elektronik dapat terjadi akibat lonjakan tegangan PLN. Ada baiknya Anda menggunakan stabilizer listrik untuk menjaga tegangan listrik tetap konstan dan mencegah lonjakan listrik tiba-tiba.

4. Cairan

Cairan berupa air atau cairan kimia lain dapat saja masuk ke dalam timbangan. Tentu ini dapat menyebabkan korosi pada rangkaian elektronik timbangan.

Kotoran serangga atau hewan pun dapat menjadi penyebab kerusakan pada sistem timbangan. Karena itu saya merasa perlu menyampaikan kepada Anda melalui artikel cara merawat timbangan digital supaya tetap awet.

Kesimpulan

Toko timbangan digital yang baik akan menjelaskan tentang layanan garansi. Anda sebagai pembeli berhak bertanya dan mendapatkan informasi tentang garansi timbangan.

Jadilah pembeli yang bijak dan cerdas sehingga nilai timbangan digital yang Anda beli sesuai dengan benefit yang didapatkan.

X
0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap